Desa Wisata Buluh Cina terletak di kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, atau sekitar 36 km jika di tempuh dari kota Pekanbaru dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menuju ke desa Buluh Cina. Setelah dikukuhkan menjadi Desa Wisata Buluh Cina, masyarakat sekitar selalu menjaga keindahan alam yang terdapat disana.


Desa Wisata Buluh Cina terletak di kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, atau sekitar 36 km jika di tempuh dari kota Pekanbaru dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menuju ke desa Buluh Cina. Setelah dikukuhkan menjadi Desa Wisata Buluh Cina, masyarakat sekitar selalu menjaga keindahan alam yang terdapat disana.

Desa Wisata Buluh Cina terdiri empat dusun yang masing - masing mempunyai keindahan dan keunikan yang luar biasa, tidak akan terasa keindahannya saat anda tidak berkunjung langsung didesa wisata Buluh Cina yang terdapat di Kabupaten Kampar.
Banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk melihat keindahan dengan menikmati suasana hutan, danau, rumah penduduk yang arsitektur melayu, dan kebudayaan yang ada di Desa Buluh Cina, namun ada juga wisatawan yang datang untuk meneliti alam yang ada disana.

Untuk menuju ke Desa Wisata Buluh Cina, bisa melalui Jalan Kaharudin Nasution, lalu menuju Pasir Putih Pandau, nanti anda akan bertemu dengan pertigaan, lurus ke arah Desa Baru, ke kiri menuju arah Pangkalan Kerinci. Sampai di Desa Buluh Cina anda akan disuguhkan pesona alam serta pemandangan alam yang menakjubkan, serta penduduk setempat juga sangat ramah.

Desa Buluh Cina dibelah oleh aliran Sungai Kampar, untuk menghubungkan kedua belah desa ini, disediakan kapal roro mini yang bernama Tilan. Biasanya  Beroperasi Senin s/d Jumat, jam 3 subuh sampai jam 11 malam. Sedangkan diakhir pekan, hari Sabtu s/d Minggu, jam 3 subuh sampai dengan jam 12 malam.




foto/brosispku.com


Kapal inilah yang bolak-balik mengantar orang dan barang menyeberangi sungai. Dengan berkapasitas 40 orang apabila tidak membawa beban dan kendaraan. Kapal akan berangkat jika sesuai standar keamanan. Menyeberang dengan Tilan, setiap orang akan dipungut biaya Rp2.000 sekali perjalanan. Namun jika membawa sepeda motor, dikenakan Rp3.000.

Kapal yang beroperasi saat ini sudah ada sejak tahun 2008 dan merupakan salah satu pendapatan desa. Sebenarnya ditahun 1998 juga sudah ada tetapi masih bersifat manual, menggunakan tali, tidak menggunakan mesin, hanya tergantung arus.

foto/brosispku.com


Beberapa Wisata yang Tersedia di Desa Wisata Buluh Cina:
Kawasan Buluh CIna menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berlibur bersama keluarga. Pengunjung dapat menjumpai berbagai flora dan fauna yang menarik untuk dijadikan bahan edukasi ataupun sebagai objek fotografi. Tempat wisata dikelola langsung oleh masyarakat, serta didukung Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Naik Gajah
Dua gajah Sumatera hasil binaan di Taman Wisata Alam (TWA) juga ditempatkan sebagai penarik minat wisatawan untuk datang ke Buluh Cina. Tentunya akan menjadi banyak masyarakat Riau yang berkesempatan naik gajah.

foto/brosispku.com


Danau
Di Kawasan hutan, terdapat tujuh danau yang sangat mempesona. Masing-masing danau memiliki keunikan tersendiri dan letaknya pun berdampingan. Seperti Danau Tanjung Putus berdampingan dengan Danau Baru, Danau Pinang Luar dengan Pinang Dalam, Danau Tuok Tonga dengan Danau Tanjung Balam dan Danau Rengas.

Bersampan
Di Danau Tanjung Putus, anda dapat menikmati keindahan pesona alam dengan menggunakan sampan. Melihat hijaunya pepohonan dan air danau yang tenang akan menjadi kesan tersendiri. Sampan ini sengaja disediakan untuk pengunjung. Namun belum ada ketentuan berapa tarif yang harus dikeluarkan.

Memancing

Bagi anda yang hobi memancing, sangat di rekomendasikan untuk mencobanya. Pemancing tidak akan dikenakan biaya. Dan tidak perlu repot-repot untuk membawa perlengkapan, karena di Desa Buluh Cina juga menyediakan penyewaan alat pancing.

Pengolola Desa Wisata Buluh Cina menyewakan pompong bagi pengunjung yang ingin memancing ataupun bersantai. Panjang pompong sekitar 12 meter dan lebar 3 meter. Yang tidak ingin memancing dan hanya ingin bersantai, disediakan kasur untuk tempat beristirahatnya. Pompong mampu dinaiki 10 sampai dengan 15 orang.

Perahu Wisata
Tidak hanya pompong, ada juga perahu wisata. Perahu wisata ini khusus digunakan untuk wisatawan yang tertarik mengitari Sungai Kampar. Perahu dapat menampung 60 orang wisatawan.


Untuk anda yang ingin menginap, Desa Wisata Buluh Cina juga menyediakan rumah panggung. Rumah ini bisa menampung sekitar 20-30 orang wisatawan. Tak lupa juga anda juga akan disajikan dengan kuliner khas desa Buluh Cina. Untuk tarif menginap hingga sekarang belum ada kepastian, tergantung negosiasi dengan pemilik rumah panggung. Regulasi tarif hingga sekarang masih belum di tetapkan oleh pengelola, yaitu antara pihak desa sebagai pengelola wisata dan BKSDA sebagai penyedia perlengkapan wisata di desa Buluh Cina.


Selamat berlibur sahabat semua...

Post a Comment

Previous Post Next Post