Danau Menduyan merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Indragiri Hulu, tepatnya di daerah Koto Lama Kecamatan Rengat Barat, dari Kota Rengat sekitar 17 km.   Disekitaran Danau Menduyan terdapat komplek pemakaman para Raja Indragiri, tentu yang membuat kita kagum adalah pemakaman yang berukuran 3 meter. Danau Menduyan ini sering dijadikan tempat bersantai dan beristirahat serta melepaskan lelah ketika warga pulang bekerja.

Danau Menduyan merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Indragiri Hulu, tepatnya di daerah Koto Lama Kecamatan Rengat Barat, dari Kota Rengat sekitar 17 km.

Disekitaran Danau Menduyan terdapat komplek pemakaman para Raja Indragiri, tentu yang membuat kita kagum adalah pemakaman yang berukuran 3 meter. Danau Menduyan ini sering dijadikan tempat bersantai dan beristirahat serta melepaskan lelah ketika warga pulang bekerja.

Danau Meduyan merupakan objek wisata yang di banggakan oleh warga desa Koto Lama, disebabkan selain pemandangan yang sungguh mempesona, danau ini digunakan sebagai tempat kegiatan pacu sampan jongkong dan tempat digelarnya pasar malam yang dapat untuk menghibur warga Rengat, khususnya warga desa Koto Lama.

Kegiatan pacu sampan jongkong ini biasanya diadakan setelah lebaran dan pengunjung nya sangat ramai, bukan hanya warga Rengat tetapi warga di luar kabupaten Rengat pun ikut menyaksikan perlombaan sampan jongkong yang biasanya diadakan selama 3 hari dan dibuka langsung oleh Pak Bupati, “ Ujar Idayatussolihin SH sambil berjalan menuju ketepi Danau Meduyan.

Danau Meduyan ini merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan tempat beristirahat saat kita berkeliling melihat pemakaman para Raja Indragiri. Selain itu, jangan terkejut saat sore hari banyak para remaja yang datang ke danau ini, bukan hanya untuk memancing, tetapi mereka  ingin melihat sunset dari tepian danau. Inilah dimana moment yang sungguh mempesona dan tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Danau Meduyan. Di sekitar Danau Meduyan dapat kita temui Gedung Balai Adat yang digunakan oleh warga desa untuk tempat rapat.

Post a Comment

Previous Post Next Post