Jembatan Siak IV di Pekanbaru akhirnya diberi nama Jembatan Marhum Bukit. Namun tahukan anda siapa itu Marhum Bukit? nama aslinya adalah Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau yang juga dikenal dengan Marhum Bukit, beliau merupakan Sultan ke-4 Kerajaan Siak Sri Indrapura. Beliau menggantikan kepemimpinan ayahandanya Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah.  Marhum Bukit memindahkan Kerajaan Siak dari Mempura ke Bukit Senapelan (Kampung Bukit) pada tahun 1762. Itulah nama yang dipilih oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim setelah berdiskusi dengan para tokoh Riau.

Jembatan Siak IV di Pekanbaru akhirnya diberi nama Jembatan Marhum Bukit. Namun tahukan anda siapa itu Marhum Bukit? nama aslinya adalah Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau yang juga dikenal dengan Marhum Bukit, beliau merupakan Sultan ke-4 Kerajaan Siak Sri Indrapura. Beliau menggantikan kepemimpinan ayahandanya Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah.
Marhum Bukit memindahkan Kerajaan Siak dari Mempura ke Bukit Senapelan (Kampung Bukit) pada tahun 1762. Itulah nama yang dipilih oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim setelah berdiskusi dengan para tokoh Riau.

Jembatan Marhum Bukit ini menghubungkan antara Kecamatan Pekanbaru Kota dan Rumbai Pesisir yang dipisahkan oleh Sungai Siak. Harapannya jembatan ini nantinya akan menjadikan akses antara kedua kecamatan ini lebih cepat. Rencanya jembatan Marhum Bukit ini akan diresmikan awal Februari 2019 ini. Tahap pertama akan dilakukan uji beban, setelah itu baru dilalui oleh masyarakat.

Marhum Bukit juga dikenal dengan nama Sultan Alam, atau Tengku Alam atau Raja Alam, beliau dimakamkan berada di komplek pemakaman Marhum Pekan yang berada disamping Masjid Raya Pekanbaru di Senapelan dekat Pasar Bawah. Mereka yang dimakamkan di kawasan ini berasal dari keluarga Kerajaan Siak yang kemudian memerintah di Pekanbaru. Objek wisata Komplek Makam Merhum Pekan menjadi salah satu kawasan wisata sejarah yang banyak dikunjungi orang karena memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi atas keberadaan Pekanbaru sebagai ibu kota dari Provinsi Riau.

Post a Comment

Previous Post Next Post