Danau Desa Parit Baru terletak di Desa Parit Baru di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar sekitar 20 km dari kota Pekanbaru, Riau.

Desa Parit Baru memiliki tanah yang sangat subur, ini bisa dibuktikan dengan banyaknya masyarakat Parit Baru berprofesi sebagai petani, dan yang menjadi unggulan adalah petani padi.

Di Desa Parit Baru terdapat sebuah danau yang cukup luas. Diperkirakan luasnya 300 meter di sepanjang jalan lintas Terantang-Desa Parit Baru.

Danau Desa Parit Baru pada umumnya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memelihara ikan. Terdapat banyak keramba ikan di sepanjang danau. Adapun ikan yang diperlihara adalah Nila, Patin, dan ikan sungai lainnya.

Selain untuk memelihara ikan, danau Desa Parit Baru juga dimanfaatkan oleh nelayan setempat untuk mencari ikan sebagai sumber nafkah untuk keluarga.

Tak hanya itu, danau Desa Parit Baru juga di manfaatkan warga luar daerah untuk memancing ikan, baik yang hanya untuk mengisi waktu luang juga para angler (sebutan untuk pemancing)yang memang hoby meancing.

Danau Desa Parit Baru juga bisa dimanfaatkan untuk objek wisata baru jika dikelola dengan serius oleh pemerintah setempat, seperti halnya danau Bokuok di desa Aursati, setiap tahunya dijadikan festival danau Bokuok. Yang setiap tahunnya diadakan acara penangkapan ikan secara beramai-ramai.

Hal serupa juga mungkin bisa diadakan di Danau Desa Parit Baru, sehingga bisa menambah objek wisata baru, serta meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Parit Baru.

Post a Comment

Previous Post Next Post