Danau Mablu terletak di kawasan Hutan Lindung Pulau Bakung kecamatan Kuala Indragiri, Indragiri Hilir, Riau. Danau Mablu saban tahun dijambangi oleh ribuan ekor burung bangau Bluwok, Bangau Tong-tong yang konon berasal dari Negeri Kanguru Australia. Tak hanya itu terdapat juga keindahan alamnya antara lain yaitu Kantung Semar, Kayu Meranti  yang sudah mulai langka untuk dijumpai.
Danau Mablu terletak di kawasan Hutan Lindung Pulau Bakung kecamatan Kuala Indragiri, Indragiri Hilir, Riau. Danau Mablu saban tahun dijambangi oleh ribuan ekor burung bangau Bluwok, Bangau Tong-tong yang konon berasal dari Negeri Kanguru Australia. Tak hanya itu terdapat juga keindahan alamnya antara lain yaitu Kantung Semar, Kayu Meranti  yang sudah mulai langka untuk dijumpai.

Matahari di ufuk timur sejak dua jam lalu sudah merangkak naik. Cahaya nya yang memantul ke air danau yang bening telah membentuk fatamorgana yang terlihat indah. Sesekali fatamorgana itu pudar terusik liukan puluhan capung yang menyambar permukaan air danau yang dikelilingi oleh pepohonan rindang itu. Tak ada suara selain kicauan burung di kejauan. Beberapa ekor buaya yang telah lama menjadi penghuni danau itu terlihat kaku di atas dua buah pulau kecil yang ada di tengah danau itu.

Begitulah suasana yang terasa di sana . “Orang suku Doanu” suku terasing yang mendiami perairan di Indragiri Hilir, menyebutnya Danau Mablu atau danau air tawar. Danau yang terdiri atas dua bagian ini berada di antara Desa Sungai Belah dan Bakung di Kecamatan Kuala Indragiri Kabupaten Indragiri Hilir, sekitar 10 jam perjalanan arah Tenggara Kota Pekanbaru, Riau.

Post a Comment

Previous Post Next Post