Taluk Kuantan sangat terkenal yang namanya air terjun Guruh Gemurai itu namanya  disebut oleh masyarakat  tepatnya di Desa Kasang.  Air terjun Guruh Gemurai ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan local atau di luar Provinsi Riau seperti Sumatra Barat. Suasana air terjun yang dikelola oleh pamerintah Taluk Kuantan dan masyarakat setempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Jarak lokasi Air Terjun Gemuruh tidak jauh dari kota taluk sendiri, lebih kurang 25 km.
Taluk Kuantan sangat terkenal yang namanya air terjun Guruh Gemurai itu namanya  disebut oleh masyarakat  tepatnya di Desa Kasang.  Air terjun Guruh Gemurai ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan local atau di luar Provinsi Riau seperti Sumatra Barat. Suasana air terjun yang dikelola oleh pamerintah Taluk Kuantan dan masyarakat setempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Jarak lokasi Air Terjun Gemuruh tidak jauh dari kota taluk sendiri, lebih kurang 25 km.

 Keunikan Air Terjun Guruh Gemurai ini memiliki keunikan yang sangat beda dari air terjun lainnya, salah satu keunikan Air Terjun Gemurai, kita dapat menikmati Air Terjun dibawah  landasan kaki yang tepat kita berpijak dan sambil duduk di gazebo yang disediakan dikawasan Air Terjun Guruh Gemurai. Bila kita ingin turun melihat keindahan air terjun secara langsung, kita bisa turun menggunakan tangga yang kokoh dan kuat terbuat dari semen yang terdapat disana. Akan melihat langsung air terjun yang mengalir deras dekat dengan posisi dimana anda berdiri.

Bukan itu saja bila turun ketangga berikutnya anda akan melihat jembatan yang indah dibawahnya, tempat ini biasa digunakan oleh wisatawan untuk  berfoto, anda akan mendapat suasana yang benar – benar bagus untuk berfoto disana. Saat kita melihat ke kiri dan ke kanan akan kita lihat  pohon – pohon besar  menambah keindahan Air Terjun Guruh Gemurai.

Air Terjun Guruh Gemurai diambil dari nama bahasa daerah disana setempat, dimana Guruh berarti Gemuruh bunyi air terjun dan Gemurai mempunyai arti percikan air yang berserakan. Jadi Air Terjun Gemurai berarti air terjun yang bunyi percikannya curahan bergemuruh. Inilah  nama asal usul mengapa disebut dengan Air Terjun Guruh Gemurai yang terdapat di Kabupaten Kuantan Singingi kota lubuk jambi dikecamatan Kuantan mudik di Desa Kasang.

Air Terjun Guruh Gemurai ini sangat ramai dikunjungi oleh warga Taluk Kuantan ataupun wisatawan dari luar daerah saat hari sabtu dan minggu, dan apalagi pemuda yang mencari Air Terjun seperti ini untuk turun mandi disana. Dan satu hal lagi saat anda lokasi, anda tidak akan merasakam kelaparan saat berkunjung di Air Terjun Guruh Gemurai karena disana sangat banyak warga setempat menjual makanan dan minuman yang membuat tertarik untuk membeli sambil menikmati Air Terjun yang mengalir dengan deras. Dan sedikit harapan dari masyarakat disana, supaya pemerintah lebih bisa mengembangkan kawasan Air Terjun Guruh Gemurai, sehingga membuat wisatawan local atau mancanegara lebih tertarik berkunjung melihat keindahan Air Terjun Guruh Gemurai yang terdapat di Desa Kasang.

Post a Comment

Previous Post Next Post