FOTO/RSUD ARIFIN ACHMAD

Bersempena HUT RSUD Arifin Achmad ke 42 tahun sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan turut serta mensosialisasikan pola hidup sehat, dengan bertempat di gedung serbaguna RSUD Arifin Achmad, diadakan seminar awam tentang penyakit jantung koroner dan menghadirkan narasumber dr. Rosmaliana, SpJP-FIHA.
Seminar yang terbuka untuk umum ini tampak semakin meriah dengan adakannya doorprize bagi peserta yang beruntung dapat menjawab pertanyaan dari narasumber, pada kesempatan tersebut dr. Rosmaliana, Sp.JP-FIHA juga menghimbau kepada peserta seminar yang hadir untuk selalu menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung koroner.
Adapun langkah-langkah sederhana yang bisa kita dilakukan untuk mencegah penyakit jantung koroner adalah sebagai berikut:
1. Periksalah tekanan darah anda secara teratur.
2. Berhenti merokok karena asap rokok  mengandung racun-racun yang sangat berbahaya.
3. Periksa kadar glukosa, karena biasanya penyakit diabetes adalah tangga menuju penyakit jantung koroner.
4. Menjaga berat badan agar tetap ideal, jantung koroner biasa menyerang orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Lakukanlah diet rendah kolesterol dan hindari makanan yang memiliki kadar lemak jenuh.
5. Berfikiran positif dan hindari stress atau perasaan cemas yang berlebih.
6. Lakukan olahraga yang teratur, anda bisa melakukan jalan-jalan pagi atau jogging minimal selama 30 menit tiga kali dalam seminggu,
7. Lakukan check up secara teratur untuk mengetahui perkembangan yang anda alami, agar  bisa mengambil langkah selanjutnya.
8. Makanlah makanan yang sehat, yang mengandung omega 3 dan serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
9. Mulailah perbaiki pola hidup anda jadi lebih sehat, dan jangan terlalu sering makan-makanan yang berpengawet.

Post a Comment

Previous Post Next Post