Kota Dumai memiliki potensi wisata yang luar biasa, seperti wisata alam, budaya dan belanja. Kota Dumai merupakan kota terluas di Indonesia, kota di Pesisir Timur Provinsi Riau ini mulai menggeliat menjadi kilauan mutiara di Pantai Timur Sumatera.    Kota Dumai berjarak sekitar 188 km dari Kota Pekanbaru. Sebelumnya, kota ini merupakan kota terluas nomor dua di Indonesia setelah Manokwari. Namun sejak Manokwari dimekarkan dan menghasilkan Kabupaten Wasior, maka Dumai pun menjadi terluas.   Kota Dumai merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkalis. Diresmikan sebagai kota pada 20 April 1999, dengan UU No. 16 tahun 1999 tanggal 20 April 1999 setelah sebelumnya sempat menjadi Kota Administratif (Kotif) di dalam Kabupaten Bengkalis. Kota Dumai yang terletak di tepi pantai memiliki potensi pengembangan pariwisata seperti wisata alam kawasan pantai.   Objek wisata yang dimaksud adalah Pantai Teluk Makmur.  Objek wisata ini menyajikan keeksotisan alam dengan perpaduan nilai budaya yang apik dan kental sehingga membuat Pantai Teluk Makmur selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing di akhir pekan. Objek wisata ini berada di Sebelah Utara Kota Dumai, tepatnya di Jalan Mattahim Kelurahan Teluk Makmur Medang Kampai.   Sisi lain keeksotisan objek wisata ini adalah panorama alam di waktu senja, berlatar  perkampungan melayu yang berhadapan langsung dengan Pulau Rupat dan Selat Malaka. Setelah puas menikmati panorama alam, lidah pengunjung pun akan dimanjakan dengan wisata kuliner di Pondok Rumah Makan Pantai Indah Puak yang menawarkan aneka makanan melayu hasil tangkapan nelayan setempat. Tak sebatas itu, panorama sekitar rumah makan pun tak kalah menakjubkan, karena rumah makan tersebut berbatasan langsung dengan pantai.  Selain Pondok Rumah Makan Pantai Indah Puak, di Kawasan Wisata Pantai Teluk Makmur juga terdapat rumah inap dengan konsep melayu yang disewakan dengan harga terjangkau. Jadi, Pantai Teluk Makmur ini patut dijadikan salah satu pilihan rekreasi keluarga Anda.


Kota Dumai memiliki potensi wisata yang luar biasa, seperti wisata alam, budaya dan belanja. Kota Dumai merupakan kota terluas di Indonesia, kota di Pesisir Timur Provinsi Riau ini mulai menggeliat menjadi kilauan mutiara di Pantai Timur Sumatera.

Kota Dumai berjarak sekitar 188 km dari Kota Pekanbaru. Sebelumnya, kota ini merupakan kota terluas nomor dua di Indonesia setelah Manokwari. Namun sejak Manokwari dimekarkan dan menghasilkan Kabupaten Wasior, maka Dumai pun menjadi terluas.

Kota Dumai merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkalis. Diresmikan sebagai kota pada 20 April 1999, dengan UU No. 16 tahun 1999 tanggal 20 April 1999 setelah sebelumnya sempat menjadi Kota Administratif (Kotif) di dalam Kabupaten Bengkalis. Kota Dumai yang terletak di tepi pantai memiliki potensi pengembangan pariwisata seperti wisata alam kawasan pantai.

Objek wisata yang dimaksud adalah Pantai Teluk Makmur.  Objek wisata ini menyajikan keeksotisan alam dengan perpaduan nilai budaya yang apik dan kental sehingga membuat Pantai Teluk Makmur selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing di akhir pekan. Objek wisata ini berada di Sebelah Utara Kota Dumai, tepatnya di Jalan Mattahim Kelurahan Teluk Makmur Medang Kampai.

Sisi lain keeksotisan objek wisata ini adalah panorama alam di waktu senja, berlatar  perkampungan melayu yang berhadapan langsung dengan Pulau Rupat dan Selat Malaka. Setelah puas menikmati panorama alam, lidah pengunjung pun akan dimanjakan dengan wisata kuliner di Pondok Rumah Makan Pantai Indah Puak yang menawarkan aneka makanan melayu hasil tangkapan nelayan setempat. Tak sebatas itu, panorama sekitar rumah makan pun tak kalah menakjubkan, karena rumah makan tersebut berbatasan langsung dengan pantai.

Selain Pondok Rumah Makan Pantai Indah Puak, di Kawasan Wisata Pantai Teluk Makmur juga terdapat rumah inap dengan konsep melayu yang disewakan dengan harga terjangkau. Jadi, Pantai Teluk Makmur ini patut dijadikan salah satu pilihan rekreasi keluarga Anda.

Post a Comment

Previous Post Next Post