Apakah Diabetes Itu ? Diabetes melitus adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat penurunan sekresi insulin yang progresif dilatarbelakangi oleh resistensi insulin. Pada saat makan pankreas mengeluarkan ekstra insulin. Insulin inilah yang membawa gula (glukosa) masuk ke dalam sel-sel untuk diubah menjadi energi (tenaga).  Bagaimana Tetap Sehat dengan Diabetes?  Perlu diperhatikan 3 hal penting, yaitu : obat teratur, diet teratur dan olah raga teratur Makanlah obat secara teratur dan sesuai dengan petunjuk dokter (terutama yang menggunakan obat insulin) Diet teratur dengan memperhatikan 3 J, yaitu : Jumlah, Jenis dan Jadwal makan Jumlah sesuai dengan kebutuhan, jangan makan berlebihan Jenis makanannya perlu diperhatikan. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari seperti makanan yang manis-manis (dodol, cake, susu kental manis, coklat, buah kaleng, es krim), mengandung kolesterol tinggi (jerohan) Tingkatkan Konsumsi sayur dan buah, sayur dan buah mengandung serat tinggi yang memberikan rasa kenyang yang lama sehingga dapat mengatasi rasa lapar pada pasien diabetes  Olah raga teratur. Manfaat olah raga bagi pasien diabetes : Mengendalikan kadar gula darah Membantu mengurangi risiko timbulnya komplikasi Membantu menurukan tekanan darah  Mencapai berat badan ideal atau seimbang Menambah kebugaran Mengurangi stress


Apakah Diabetes Itu ?
 
Diabetes melitus adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat penurunan sekresi insulin yang progresif dilatarbelakangi oleh resistensi insulin.
Pada saat makan pankreas mengeluarkan ekstra insulin. Insulin inilah yang membawa gula (glukosa) masuk ke dalam sel-sel untuk diubah menjadi energi (tenaga).

Bagaimana Tetap Sehat dengan Diabetes?

Perlu diperhatikan 3 hal penting, yaitu : obat teratur, diet teratur dan olah raga teratur
Makanlah obat secara teratur dan sesuai dengan petunjuk dokter (terutama yang menggunakan obat insulin)
Diet teratur dengan memperhatikan 3 J, yaitu : Jumlah, Jenis dan Jadwal makan
Jumlah sesuai dengan kebutuhan, jangan makan berlebihan
Jenis makanannya perlu diperhatikan. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari seperti makanan yang manis-manis (dodol, cake, susu kental manis, coklat, buah kaleng, es krim), mengandung kolesterol tinggi (jerohan)
Tingkatkan Konsumsi sayur dan buah, sayur dan buah mengandung serat tinggi yang memberikan rasa kenyang yang lama sehingga dapat mengatasi rasa lapar pada pasien diabetes

Olahraga teratur. Manfaat olah raga bagi pasien diabetes :

Mengendalikan kadar gula darah
Membantu mengurangi risiko timbulnya komplikasi
Membantu menurukan tekanan darah
Mencapai berat badan ideal atau seimbang
Menambah kebugaran
Mengurangi stress

Post a Comment

Previous Post Next Post