TAMAN Nasional Tesso Nilo merupakan contoh bentang alam hutan dataran rendah Sumatera yang luas.   Kawasan hutan ini merupakan salah satu hutan terkaya di dunia yang menjadi kawasan hutan lindung dan merupakan salah satu dari 200 Ecoregion WWF Global. Kawasan Tesso Nilo ini menyediakan habitat yang layak bagi gajah dan harimau sehingga juga menjadikan area tersebut menjadi kawasan yang aman bagi spesies – spesies lain yang langka dan terancam punah.   Kawasan Hutan Tesso Nilo dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi baik flora maupun fauna. Berdasarkan penelitian Andi gilison (tahun 2001) menemukan bahwa tesso nilo memiliki 218 jenis tumbuhan Vascular ( berpembuluh) dalam petakan tiap 200 M².  Untuk masuk ke Taman Nasional Tesso Nilo, Anda harus memiliki izin yang ditandatangani Kepala Taman Nasional Tesso Nilo. Izin tersebut dapat diperoleh di Markas WWF di Pangkalan Kerinci di Pelalawan, Riau.    Aksesibilitas ke Kabupaten Pelalawan Dari Kota Pekanbaru ke Pangkalan Kerinci dapat menggunakan bus PO Ranah Makmur, PO Indah Travel, PO Silvana, PO Inhil Jaya atau langsung ke Terminal Bandar Raya Payung Sekaki menggunakan Taksi, Angkutan Umum Bus Transmetro, atau dengan menggunakan Travel Agent di Kota Pekanbaru.   Transportasi di Kabupaten Pelalawan Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi atraksi wisata yang ada di Kabupaten Pelalawan atau menggunakan transportasi lokal seperti Oplet, Becak dan Ojek.   Ekonomi Kreatif Dekranasda Pelalawan Rumah Batik Andalan Gerai UMKM Bono Andalan Pengrajin Gerabah  Potensi Investasi di Kawasan Objek Wisata Bono Wahana Permainan Permainan air (Surfing, Kayaking, Banana Boat, Flying Fish, Jetsky, Boat Wake Surfing, Bono Rodeo, Kolam Renang dan Kolam Arus Camping Ground,Outbound, ATF, Tracking Agrowisata Operator Selancar Bono (Guest Handling, Rigid Inflatable Boat, Pilot/ Guide, Konsumsi, Akomodasi, Transport )   Jarak Tempuh ke Ekowisata Tesso Nilo Ekowisata Teso Nillo merupakan objek wisata eksklusif, belum ada angkutan khusus maupun angkutan umum menuju kesana. Maka, untuk dapat menuju kesana kita harus menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur Lintas Timur Sumatera melewati ibukota Kabupaten Pelalawan, yaitu Pangkalan Kerinci, dengan jarak tempuh kurang lebih 4 jam dari Pekanbaru.

TAMAN Nasional Tesso Nilo merupakan contoh bentang alam hutan dataran rendah Sumatera yang luas.

Kawasan Tesso Nilo ini merupakan salah satu hutan terkaya di dunia yang menjadi kawasan hutan lindung dan merupakan salah satu dari 200 Ecoregion WWF Global. Kawasan Tesso Nilo ini menyediakan
habitat yang layak bagi gajah dan harimau sehingga juga menjadikan area tersebut menjadi kawasan yang aman bagi spesies – spesies lain yang langka dan terancam punah. 

Kawasan Hutan Tesso Nilo dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi baik flora
maupun fauna. Berdasarkan penelitian Andi gilison (tahun 2001) menemukan bahwa tesso
nilo memiliki 218 jenis tumbuhan Vascular ( berpembuluh) dalam petakan tiap 200 M².

Untuk masuk ke Taman Nasional Tesso Nilo, Anda harus memiliki izin yang ditandatangani Kepala Taman Nasional Tesso Nilo. Izin tersebut dapat diperoleh di Markas WWF di Pangkalan Kerinci di Pelalawan, Riau.


Aksesibilitas ke Kabupaten Pelalawan
Dari Kota Pekanbaru ke Pangkalan Kerinci dapat menggunakan bus PO Ranah Makmur, PO Indah Travel, PO Silvana, PO Inhil Jaya atau langsung ke Terminal Bandar Raya Payung Sekaki menggunakan Taksi, Angkutan Umum Bus Transmetro, atau dengan menggunakan Travel Agent di Kota Pekanbaru.


Transportasi di Kabupaten Pelalawan
Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi atraksi wisata yang ada di Kabupaten Pelalawan atau menggunakan transportasi lokal seperti Oplet, Becak dan Ojek.


Ekonomi Kreatif
  • Dekranasda Pelalawan
  • Rumah Batik Andalan
  • Gerai UMKM Bono Andalan
  • Pengrajin Gerabah

Potensi Investasi di Kawasan Objek Wisata Bono
  • Wahana Permainan
  • Permainan air (Surfing, Kayaking, Banana Boat, Flying Fish, Jetsky, Boat Wake
  • Surfing, Bono Rodeo, Kolam Renang dan Kolam Arus
  • Camping Ground,Outbound, ATF, Tracking
  • Agrowisata
  • Operator Selancar Bono (Guest Handling, Rigid Inflatable Boat, Pilot/ Guide,
  • Konsumsi, Akomodasi, Transport )


Jarak Tempuh ke Ekowisata Tesso Nilo
Ekowisata Teso Nillo merupakan objek wisata eksklusif, belum ada angkutan khusus maupun angkutan umum menuju kesana. Maka, untuk dapat menuju kesana kita harus menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur Lintas Timur Sumatera melewati ibukota Kabupaten Pelalawan, yaitu Pangkalan Kerinci, dengan jarak tempuh kurang lebih 4 jam dari Pekanbaru.

Post a Comment

Previous Post Next Post