Pantai Solop banyak dikelilingi pohon Bakau (Mangrove) yang berpadu dengan pasir putih pantai yang terbentuk dari pecahan kulit hewan dan tumbuhan laut, membuat pemandangan dan suasana pantai Solop menjadi suatu yang menyajikan keindahan alam. Disanggah oleh hutan Mangrove seluas 40 Km2 dan merupakan Hutan Bakau terindah di Indonesia, membuat Pantai Solop menjadi objek wisata unggulan "Dondang Tandak" yang selalu dipenuhi oleh pengunjung.   Lokasi pantai Solop terletak di Pulau Cawan yang perairannya setiap hari dilalui oleh kapal fery dari dan ke tujuan Pulau Batam, dapat dicapai dalam waktu 20 menit memakai Spead Boat arah selatan Kota Mandah, sedangkan perjalanan dari Tembilahan ke lokasi Pantai Solop ditempuh selama 90 menit.


Pantai Solop banyak dikelilingi pohon Bakau (Mangrove) yang berpadu dengan pasir putih pantai yang terbentuk dari pecahan kulit hewan dan tumbuhan laut, membuat pemandangan dan suasana pantai Solop menjadi suatu yang menyajikan keindahan alam. Disanggah oleh hutan Mangrove seluas 40 Km2 dan merupakan Hutan Bakau terindah di Indonesia, membuat Pantai Solop menjadi objek wisata unggulan "Dondang Tandak" yang selalu dipenuhi oleh pengunjung.

Lokasi pantai Solop terletak di Pulau Cawan yang perairannya setiap hari dilalui oleh kapal fery dari dan ke tujuan Pulau Batam, dapat dicapai dalam waktu 20 menit memakai Spead Boat arah selatan Kota Mandah, sedangkan perjalanan dari Tembilahan ke lokasi Pantai Solop ditempuh selama 90 menit.

Hutan Bakau yang mengelilingi Pantai Solop merupakan Hutan Bakau terindah di Indonesia. Pantai Solop ini berada di Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Pantai Solop ini dipopulerkan oleh mantan Gubernur Riau H.M. Rusli Zainal melalui sebuah lagu Zapin, yang di kenal dengan Zapin Pantai Solop. Yang mana lagu ini dikenal juga sebagai lagi pengiring senam di zaman kepemimpinan Bapak Rusli Zainal.

Pantai Solop memiliki Keunikan tersendiri dan tidak ada terdapat di pantai-pantai lain yang ada di Indonesia adalah pasir putih yang merupakan pasir dari Fosil hewan laut, seperti kerang-kerang dan sejenisnya, sehingga pasir ini dikenal dengan nama Pasir Sirsak.

Bagaimana Menuju Pantai Solop?
Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Solop melewati jembatan beton yang menyerupai dermaga. Serta di samping kiri dan kanan kita juga bisa menikmati pemandangn Pohon Bakau di sepanjang jembatan ini.

Berkunjung ke Pantai Solop bisa ditempuh menggunakan transportasi sungai maupun laut, karena pantai solop terletak dibagian timur Pulau Sumatera yang merupakan jalur transportasi utama yang menghubungkan Kota Tembilahan. Dari Kota Tembilahan, untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui jalan laut sekitar 1,5 sampai 2 jam. Sedangkan dari Kecamatan Mandah  sekitar 20 sampai 40 menit.

Bila berkunjung dari dari Pekanbaru kita bisa menggunakan mobil angkutan umum menuju ke Kota Tembilahan terlebih dahulu, perjalanan dari Pekanbaru ke Tembilahan ini jarak tempuh sekitar 6 sampai 7 jam.

Post a Comment

Previous Post Next Post