Keinndahan pariwisata di kabupaten Rokan Hulu tidak diragukan lagi, banyak wisatawan berkunjung ke Rokan Hulu, salah satu objek wisata alam yang terkenal yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Air Panas Pawan.     Lokasi Air Panas Pawan terletak di desa Pawan atau sekitar 9 km dari Pasir Pengaraian, Ibukota Kabupaten Rokan Hulu. Akses menuju Air Panas Pawan sangat mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor. Akan lebih  menyenangkan lagi bila menggunakan kendaraan becak, membuat perjalanan anda lebih mengasyikkan saat kunjung ke objek wisata.     Air Panas Pawan ini memiliki keindahan tersendiri salah satunya adalah karena memiliki dua sumber air panas dari gejala post vulkanis. Masing-masing sumber air berbeda panas airnya (suhu sisi kiri 60 derajat celcius dengan debit air 7200 ml/detik, sisi kanan 48-58 derajat celcius dengan debit air 1800 ml/detik). Air panas ini disalurkan ke beberapa pancuran yang jatuh di tepi sungai kecil yang airnya dingin dan bersih  jernih dengan suhu 20-25 derajat celcius.     Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang membawa keluarga, bersantai dengan suasana alam yang masih terjaga. Air Panas Pawan ini diyakini warga sekitar memiliki manfaat untuk menghilangkan penyakit kulit seperti panu dan lainnya. Maka banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ketempat ini.

Keinndahan pariwisata di kabupaten Rokan Hulu tidak diragukan lagi, banyak wisatawan berkunjung ke Rokan Hulu, salah satu objek wisata alam yang terkenal yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Air Panas Pawan.

Lokasi Air Panas Pawan terletak di desa Pawan atau sekitar 9 km dari Pasir Pengaraian, Ibukota Kabupaten Rokan Hulu. Akses menuju Air Panas Pawan sangat mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor. Akan lebih  menyenangkan lagi bila menggunakan kendaraan becak, membuat perjalanan anda lebih mengasyikkan saat kunjung ke objek wisata.

Air Panas Pawan ini memiliki keindahan tersendiri salah satunya adalah karena memiliki dua sumber air panas dari gejala post vulkanis. Masing-masing sumber air berbeda panas airnya (suhu sisi kiri 60 derajat celcius dengan debit air 7200 ml/detik, sisi kanan 48-58 derajat celcius dengan debit air 1800 ml/detik). Air panas ini disalurkan ke beberapa pancuran yang jatuh di tepi sungai kecil yang airnya dingin dan bersih  jernih dengan suhu 20-25 derajat celcius.

Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang membawa keluarga, bersantai dengan suasana alam yang masih terjaga. Air Panas Pawan ini diyakini warga sekitar memiliki manfaat untuk menghilangkan penyakit kulit seperti panu dan lainnya. Maka banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ketempat ini.


Post a Comment

Previous Post Next Post