Goa rambut emas pulau godang ini terdapat di belakang rumah warga bernama Pak Azuwir. Lokasinya lebih kurang 2 kilometer dari jalan negara. Kendaraan dari arah Bangkinang atau Pekanbaru dapat melalui Gerbang Koto Masjid mengikuti jalan aspal hingga pertigaan penghubung Blok A dan Blok B. Ambil jalan ke arah Blok B di sebelah kiri atau jalan menuju desa Pulau Godang. Lebih kurang 500 meter akan bertemu jalan memutar turun ke sisi kiri.

Perjalanan wisata ke Kawasan Waduk PLTA Koto Panjang rasanya akan kurang lengkap jika tidak berkunjung ke Goa Rambut Emas Pulau Godang. Goa ini terdapat di belakang rumah warga bernama Pak Azuwir. Lokasinya lebih kurang 2 kilometer dari jalan negara. Kendaraan dari arah Bangkinang atau Pekanbaru dapat melalui Gerbang Koto Masjid mengikuti jalan aspal hingga pertigaan penghubung Blok A dan Blok B. Ambil jalan ke arah Blok B di sebelah kiri atau jalan menuju desa Pulau Godang. Lebih kurang 500 meter akan bertemu jalan memutar turun ke sisi kiri.

Jalannya semenisasi yang lebarnya hanya 1,5 meter. Perjalanan dilanjutkan lagi sejauh lebih kurang 500 meter. Belum adanya petunjuk obyek wisata membuat pengunjung kesulitan ke lokasi.Jadi harus bertanya dulu kepada penduduk setempat keberadaan mulut goa tersebut. Gua Rambut emas masuk dalam jalur goa bawah tanah yang tersebar dari kawasan XIII Kecamatan Koto Kampar hingga ke desa Kabun di Kabupaen Rokan Hulu. Menurut Pak Azuwir panjang Goa yang dapat dijalani mencapai beberapa kilometer. Tapi banyak diantara pintu goa yang telah runtuh tertimbun tanah sehingga tidak dapat diakses. Sebaran pintu masuk goa rambut Gua Rambut Emas di Desa Pulau Godang ada di lima titik dalam sebaran seluas 10 hektar persegi, terbagi dalam beberapa ruang atau kamar.

Ruangan di dalamnya cukup luas dan bercabang-cabang. Ruang terpanjang mencapai 93 meter. Goa Rambut Emas berada sangat dekat dengan permukaan tanah sehingga sangat mudah diakses. Lokasinya berada dalam kebun karet warga setempat. Pintu masuknya utama berada sekitar 2-3 meter saja meter dari permukaan tanah.

Namun karena berada di bawah permukaan tanah dasar goa sudah banyak tertutup pasir atau tanah yang dibawa air dari permukaan. Goa Rambut Emas dihuni ratusan bahkan mungkin ribuan kelelawar. Uniknya keberadaan
kelelawar yang hidup di dalam goa ini memberi berkah bagi masyrakat sekitar. Kotoran kelelawar dikumpulkan oleh orang-orang kampung untuk digunakan sebagai pupuk.


Tips melakukan perjalanan ke Goa Rambut Emas:

1. Pengunjung perlu membawa senter untuk penerangan.
2. Perlu membawa masker atau penutup hidung untuk menyaring bau kotoran kelelawar yang cukup menyengat, disamping
itu perlu pula memakai topi untuk menghindari kejatuhan kotoran kelelawar.
3. Mengingat belum adanya tangga masuk ke gerbang goa, pengunjung perlu berhati-hati menuruni jalan tanah di mulut gua agar tak tergekincir.
4. Tidak merusak atau melakukan vandalisme di dalam goa.

Post a Comment

Previous Post Next Post