Tak dapat dipungkiri kawasan Wisata Koto Panjang memiliki panorama yang memesona. Apalagi menikmati kondisi tersebut saat pagi hari dan menjelang senja. Pantulan semburat merah merekah dari cahaya mentari pagi dan senja menjadi view yang sangat memanjakan mata. Obyek ini menjadi sasaran otografer professional maupun amatir yang menikmati detik-detik perubahan waktu. Salah satu aktifitas yang menyuguhkan kesempatan berinteraksi dengan warna alam itu peluangnya hanya bagi yang melakukan camping di pinggiran danau PLTA atau salah satu pulau diantara kepulauan yang terserak di tengah waduk.

Tak dapat dipungkiri kawasan Wisata Koto Panjang memiliki panorama yang memesona.
Apalagi menikmati kondisi tersebut saat pagi hari dan menjelang senja. Pantulan semburat merah merekah dari cahaya mentari pagi dan senja menjadi view yang sangat memanjakan mata. Obyek ini menjadi sasaran otografer
professional maupun amatir yang menikmati detik-detik perubahan waktu. Salah satu aktifitas yang menyuguhkan kesempatan berinteraksi dengan warna alam itu peluangnya hanya bagi yang melakukan camping di pinggiran danau PLTA atau salah satu pulau diantara kepulauan yang terserak di tengah waduk.

Bermalam di pinggir danau ini memberi atmosfir yang dingin kepada pengunjung secara alami. Menggunakan tenda dom yang sederhana atau tenda group tidak ada masalah. Menjelang senja apalagi telah disiapkan api unggun. Menambah wisata out bond ini semakin attraktif. Ditambah pula cahaya pantulan api unggun menerangi bibir pantai danau, tentu menambah rona malam. Lalu bagaimana dengan suasana bintang-bintang.

Danau PLTA Koto Panjang adalah kawasan yang belum begitu tercemar cahaya. Bintang yang sulit dilihat di perkotaan mudah dilihat dari tempat ini. Selain itu kita tidak sendirian dikawasan itu. Salah satu spot yang paling sering dipakai oleh para penikmat kemping adalah camping Ground Pulau Tonga. Lokasi ini menjadi langganan mahasiswa pencinta alam yang menghabiskan malam di pinggiran waduk PLTA Koto Panjang. Pemandangan
yang indah sekitar lokasi kemping menjadi menjadi alasan mereka memilih tempat tersebut. Selain itu lokasi tersebut juga telah ada toilet yang telah disediakan pemilik lahan. Disamping sebuah pondok yang dapat digunakan sebagai tempat berlindung jika terjadi kasus angin kencang atau hujan deras yang menyebabkan para wisatawan harus mengevakuasi kemah mereka ketempat aman.

Selain lokasi tersebut juga relatif aman dari polusi seperti polisi cahaya dan perairan dari keramba-keramba yang banyak terdapat di tengah sungai. Selain Pulau Tonga cukup banyak spot lain yang dapat digunakan untuk kemping asalkan memiliki rerumputan dan lahan yang landai seperti danau Rusa, Pulau Qeis dan pulau-pulau lainnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post