Rumah panggung kayu bercat putih dan kuning beratap limas pancung ini dibangun pada tahun 1896. Rumah ini terletak di tepi Sungai Siak, tepatnya di Jalan Perdagangan nomor 92, Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru.
Rumah bersejarah ini meski telah dipugar tetap mempertahankan arsitektur aslinya. Rumah singgah ini disebut Pesanggarahan dan dulunya milik seorang tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama beranam H Zakaria.
Di rumah inilah Sultan Siak selalu bermalam setiap kali datang ke Senapelan. Zakaria pun kemudian diangkat menjadi Kadi Besar Kerajaan Siak dan menjadi kadi yang termasyhur.
Setelah dipugar, kemudian rumah singgah ini dikenal sebagai rumah Kadi Besar Kerajaan
Siak, H Zakaria.
Jika melihat dari tahun dibangunnya rumah singgah ini, yakni 1896, maka Sultan Siak yang singgah dimulai dari Sultan Siak ke sebelas; Sultan Assaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil
Saifuddin (1889-1908). Dilanjutkan dengan sultan ke dua belas; Sultan Assaidis Syarif Kasim
Abdul Jalil Saifuddin (1915-1946).
Bangunan tua ini memiliki 22 tiang penyangga, Pada bagian tangga terdapat ukiran khas Melayu. Meski semua bagian rumah sudah mengalami renovasi, namun bentuk dan ornamen rumah ini tetap tidak ada yang diubah.
Satu-satunya bagian yang masih asli dan belum pernah diganti yakni bagian rangka rumah. Untuk tiang, dinding, jendela, atap, dan tangga sudah pernah direnovasi.
Selain rumah singgah yang berada di tepi Sungai Siak ini, H Zakaria juga memiliki satu rumah lagi yang terletak di Jalan Senapelan Gang Pinggir tepat di belakang Kompleks Masjid Raya Pekanbaru.
Bangunan rumah yang satu ini berbeda dengan rumah singgah yang ada di tepi Sungai Siak. Jika rumah singgah di tepi Sungai Siak kental dengan ukiran Melayu, rumah singgah yang satu ini justru dibangun bergaya Eropa klasik.
Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke situs bersejarah ini sangat mudah. Sebab
kedua rumah singgah Sultan Siak ini terbuka untuk umum. Siapa saja bisa melihat
secara langsung bangunan tua ini tanpa dipungut biaya sepersenpun.

Post a Comment

Previous Post Next Post