Melihat mesjid raya yang ada di Indragiri Hulu, mata kita tidak terlepas dari namanya Rumah Tinggi yang lokasi berada dekat dengan kawasan Masjid Raya, rumah tinggi ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan indragiri hulu dengan arsitektur khas melayu. Di dalam rumah tinggi ini digunakan sebagai penyimpanan benda - benda peninggalan kerajaan indragiri hulu seperti meriam, senapan, perahu dan alat musik bersifat tradisional serta foto -foto bupati pertama yang menjabat dan bupati seterusnya.  Dari tampilannya, rumah ini sangat futuristik dengan bercorak Melayu yang melambangkan kebudayaan asli Rengat. Dijuluki sebagai rumah tinggi karena ukurannya memang tinggi dengan dua lantai yang ditopang oleh pilar kayu kulim.  Konon katanya rumah ini dibangun oleh seorang pejabat pada zaman Kerajaan Indragiri. Pejabat tersebut bernama Raja Haji Muhammad Saleh dengan gelar Raja Togok.  Di dalam Rumah Tinggi, kamu akan mendapati beberapa peninggalan sejarah seperti lukisan kerajaan, senapan, dan meriam. Lokasinya di Kampung Besar, Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu yang tak begitu jauh dari pusat kota.

Melihat mesjid raya yang ada di Indragiri Hulu, mata kita tidak terlepas dari namanya Rumah Tinggi yang lokasi berada dekat dengan kawasan Masjid Raya, rumah tinggi ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan indragiri hulu dengan arsitektur khas melayu. Di dalam rumah tinggi ini digunakan sebagai penyimpanan benda - benda peninggalan kerajaan indragiri hulu seperti meriam, senapan, perahu dan alat musik bersifat tradisional serta foto -foto bupati pertama yang menjabat dan bupati seterusnya.

Dari tampilannya, rumah ini sangat futuristik dengan bercorak Melayu yang melambangkan kebudayaan asli Rengat. Dijuluki sebagai rumah tinggi karena ukurannya memang tinggi dengan dua lantai yang ditopang oleh pilar kayu kulim.

Konon katanya rumah ini dibangun oleh seorang pejabat pada zaman Kerajaan Indragiri. Pejabat tersebut bernama Raja Haji Muhammad Saleh dengan gelar Raja Togok.

Di dalam Rumah Tinggi, kamu akan mendapati beberapa peninggalan sejarah seperti lukisan kerajaan, senapan, dan meriam. Lokasinya di Kampung Besar, Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu yang tak begitu jauh dari pusat kota.

Post a Comment

Previous Post Next Post