Air terjun Lubuk Nginio adalah air terjun terdekatyang dapat di capai dari Kota Bangkinang.Lubuk Nginio terkadang disebut Nginiu dalam bahasa lokal berarti seram atau angker. Air terjun Lubuk Nginio berada di Desa Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Kuok. Tempat ini dapat dicapai melalui jalan lintas Riau - Sumbar dari arah Kuok, sekitar 6 kilo meter dari simpang lading yang berada disisi kiri jalan raya Kampar. Simpangnya berada sekitar 1 kilometer sebelum jembatan Rantau Berangin.

 

Air terjun Lubuk Nginio adalah air terjun terdekatyang dapat di capai dari Kota Bangkinang.Lubuk Nginio terkadang disebut Nginiu dalam bahasa lokal berarti seram atau angker. Air terjun Lubuk Nginio berada di Desa Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Kuok. Tempat ini dapat dicapai melalui jalan lintas Riau - Sumbar dari arah Kuok, sekitar 6 kilo meter dari simpang lading yang berada disisi
kiri jalan raya Kampar. Simpangnya berada sekitar 1 kilometer sebelum jembatan Rantau Berangin.

Perjalanan ke lokasi memakan waktu sekitar 20-25 menit dari jalan lintas (jalan negara) atau sekitar 35 menit berkendaraan dari Kota Bangkinang. Lubuk Nginio ini terletak di kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk, hulu sungai laki yang terjun ke sungai Kampar. Untuk mencapai lokasi hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua. kemudian perjalanan di lanjutkan sejauh 2 kilometer dengan berjalan kaki. Karena medan jalan yang ditempuh
semakin menyempit, pengunjung hanya bisa mengaksesnya dengan sepeda motor dan berjalan kaki.

Jika menggunakan roda empat, kendaraan akan diparkir pada ujung jalan terdekat. Dianjurkan menuju lokasi menggunakan sepeda motor trail mengingat kondisi jalan yang cukup ekstrim. Apalagi kalau situasi jalan yang licin sehabis hujan.

Meskipun air terjunnya tidak begitu tinggi tetapi perjalanan menuju lokasi sangat menyenangkan. Pepohonan yang rindang dengan suasana hutan yang teduh membuat pengunjung akan betah menyusuri jalan setapak menuju lokasi air terjun. Di lokasi air terjun pengunjung dapat berenang di lubuk air terjun yang jernih.

Air Sungai yang dingin dengan pemandangan sungai dengan bongkahan batu-batu cadas dan kerikil nampak jelas di dasar sungai. Sayang jika para pengunjung tidak menceburkan diri dan berenang saat sampai di lokasi tersebut. Ukuran lubuk ini hanya sekitar 20 x 15 meter dengan ketinggian air terjun hanya 4 meter dengan lebar 10 meter dan kedalaman lubuk mencapai 3 meter.

Jika debit air besar, maka arus air lubuk ini akan semakin deras dan tentunya lebih dalam. Pada waktu-waktu tertentu tempat ini banyak dikunjungi pengunjung wisata alam khususnya pelajar dan mahasiswa.Tempat ini juga sering dijadikan arena diklatsar pencinta alam. Selain hanya berkunjung singkat, tempat ini biasa dijadikan
lokasi camping serta penghobi trekking menyusuri hutan. Disisi kanan lubuk ini terdapat camping ground yang lumayan besar. Bisa digunakan untuk beberapa buah tenda kecil maupun tenda dum dengan kapasitas 6 orang.

Post a Comment

Previous Post Next Post